Print
Parent Category: Profile
Hits: 3606

KERJASAMA PELAKSANAAN KBK
 
 
Rumpun Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
 
Latar Belakang

Sejak Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional mencanangkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), maka setiap lembaga pendidikan mulai dari Tingkat SD sampai SLTA akan berlomba untuk meningkatkan mutu dan kompetensi para lulusannya.

Salah satu rumpun pelajaran KBK adalah Teknologi Informasi dan komunikasi, yang membelajarkan siswa dalam memperoleh informasi, memproses dan memanfaatkannya untuk berkomunikasi secara efektif melalui berbagai media.

Fokus pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi secara garis besar agar siswa memahami dan menggunakan komputer dan informasi (computer and information literacy). Melalui pembelajaran ini siswa menjadi inovatif, adaptif dan selektif dalam memilih informasi, system dan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk mendapatkan hasil yang bermanfaat.

Untuk mengikuti KBK rumpun Teknologi Informasi dan Komunikasi, muncul berbagai macam kendala. Bukan saja SDM yang akan menyampikan materi, tetapi juga dalam persoalan hardware dan software yang begitu kompleks.

Tujuan Kerjasama
Dalam kondisi tertentu, tidaklah mudah bagi sebuah sekolah untuk mewujudkan keinginan untuk melaksanakan KBK, khusunya Teknologi Informasi dan Komunikasi. SDM, hardware dan software, merupakan beberapa hal yang menjadi kunci pelaksanaan KBK Teknologi Informasi dan Komunikasi. Adalah solusi yang bijak dan cerdas apabila Sekolah membuka kerjasama dengan mitra yang sudah berkecimpung di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Sebagai salah satu lembaga yang bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, kami terpanggil berperan aktif untuk mensukseskan pelaksanaan KBK Teknologi Informasi dan Komunikasi, karena missi kami adalah, membelajarkan seluruh masyarakat Indonesia dalam memperoleh informasi, memproses dan memanfaatkannya untuk berkomunikasi secara efektif melalui berbagai media.

Kerjasama ini bertujuan supaya pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan lancar.Selain itu, juga menawarkan beberapa solusi yang praktis, efektif dan mudah. Karena ditangani langsung oleh ahlinya, maka kontinuitas dan efesiensi pemakaian Laboratorium komputer dapat terjamin dengan baik.

Bentuk Kerjasama
Bentuk kerjasama yang yang ditawarkan ada 3 jenis yaitu :
1. Maintenance, yang mencakup perbaikan dan service (Software dan Hardware). Dengan pengalaman yang sudah bertahun-tahun dalam hardware dan software, kami dapat menangani setiap permasalahan komputer, dan selalu siap di panggil. Kerjasama maintenance ini dapat dilaksanakan dalam bentuk kontrak maintenance, sehingga setiap permasalahan komputer yang timbul menjadi tanggung jawab kami.

2. SDM
Ada 2 bentuk kerjasama di bidang SDM, yaitu :
2.1. Tenaga Pengajar, kami akan mengirimkan tenaga pengajar professional, sesuai dengan kebutuhan sekolah, mulai dari intro/dasar-dasar sampai pada pemrograman, Internet dan hardware.
2.2. Managerial, kami akan mengelola pelaksanaan materi komputer (teori dan lab), mulai dari penyusunan jadwal, materi, sampai pada tenaga pengajar.



3. Pengadaan Fisik
Dalam hal ini, apabila sekolah belum memiliki Laboratorium Komputer atau jumlah Komputer belum cukup atau tipe komputer yang ada sudah usang atau ketinggalan jaman, kami dapat membantu dengan menggunakan teknologi terkini dan jaringan komputer, sehingga di dapatkan komputer dengan biaya yang sangat murah. Ada 3 bentuk kerjasama di bidang Pengadaan Fisik ini:
3.1. Sewa, kami menyediakan komputer dan di tempatkan di sekolah. Biaya sewa dapat dibayar per bulan selama kontrak berlaku. Setelah itu, komputer akan kami tarik kembali. Keuntungannya adalah, pihak sekolah tidak perlu memikirkan investasi yang besar, dan juga maintenance, karena sudah menjadi tanggung jawab kami.
3.2. Leasing, kami menyediakan komputer, dan di tempatkan di sekolah. Biaya sewa beli dibayar setiap bulan sampai waktu yang sudah di tentukan, dan akhirnya manjadi milik sekolah. Keuntungannya adalah, sekolah tidak perlu memikirkan investasi yang besar, karena dapat di cicil per bulan. Maintenance selama mencicil juga menjadi tanggung jawab kami.
3.3. Pengadaan langsung, kami melaksanakan pengadaan komputer di sekolah, dimana dananya bersumber dari sekolah. Kami dapat melakukan 2 hal :
3.3.1. System Cloning, dengan sebuah Server Komputer Pentium 4 dan dengan workstation (komputer yang dipakai siswa) cukup Pentium 1 (Komputer lama), maka komputer lama bisa sekencang Pentium 4. Ini bisa menghemat investasi sampai 70% (Untuk 40 unit cukup dengan budget Rp. 50jt sampai Rp. 70jt) .
3.3.2. System 1 CPU untuk 2 Orang. Dengan teknologi yang kami miliki, dapat dimungkinkan 2 orang menggunakan sebuah CPU sekaligus, karena memiliki 2 Monitor dan 2 keyboard dan mouse. Ini bisa menghemat investasi sampai 40%.

Catatan: Beberapa informasi dalam halaman ini belum di update, silahkan menghubungi kami untuk selengkapnya.